May 18, 2008

Berbagai lowongan di ACCESS (due 23 mei 2008)

ACCESS (Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme), sebuah Program Inisiatif Pemerintah Australia (AusAID), dengan focus area NTB, NTT, Sulsel dan Sultra, membuka lowongan kerja untuk Fase II. Tujuan dari posisi berikut adalah menjamin kualitas, kesetaraan dan keberlanjutan program dan efektivitas kinerja di tingkat propinsi.


1. Senior Technical Officer (Capacity Building):

bertanggungjawab untuk membangun, mengelola dan menjaga kualitas strategi dan kegiatan peningkatan kapasitas serta memberikan dukungan kepada Tim Propinsi. STO-CB akan bekerjasama dengan multi stakeholder untuk memberikan dukungan teknis kepada Koordinator Propinsi untuk menjaga kualitas, sumber daya dan keberlanjutan program di masing-masing propinsi.



2. Senior Technical Officer (Monitoring Evaluation & Learning):

bertanggungjawab atas strategi pembelajaran ACCESS; mengembangkan dan mengelola sistem M&E dan membantu tim propinsi dalam penerapannya. STO-MEL akan menjamin bahwa kegiatan ME&L berkontribusi pada keberhasilan ACCESS secara kesuluruhan.



3. Senior Technical Officer (Community Engagement & Governance):

akan mengembangkan strategi untuk mendorong peran masyarakat dan pemerintah di berbagai isu strategis termasuk kegiatan peningkatan kapasitas di tingkat kabupaten. STO – CE/Gov bertanggungjawab atas proses penjajakan dan perencanaan yang dipimpin masyarakat dan strategi advokasi. STO-CE/Gov akan mendukung manajemen ACCESS melalui analisis dari keberhasilan program dan pembelajaran diantara propinsi.



Ketiga posisi STO harus memiliki pengalaman sbb:



- Kualifikasi akademik yang sesuai dengan bidang pengembangan masyarakat, masyarakat sipil dan tata pemerintahan

- Berpengalaman minimal 8 tahun dalam pengelolaan dan pengimplementasian program peningkatan kapasitas dan/atau pengembangan masyarakat sipil

- Bisa mendemonstrasikan pengalaman dan pengertian ttg pendekatan terbaru pada peningkatan kapasitas (posisi 1); tata pemerintahan, dan ‘community engagement’ (posisi 2): monitoring dan evaluasi (posisi 3); yg berkait dengan organisasi masyarakat sipil di semua tingkat di Indonesia

- Bisa mendemonstrasikan pengetahuan ttg proses partisipasi dan ‘gender dan poverty mainstreaming’.

- Berpengalaman bekerjasama secara efektif dengan pemerintah di tingkat lokal

- Memiliki hubungan interpersonal yg sangat baik dalam lingkungan program internasional

- Memiliki ketrampilan analitis dan mampu menulis laporan dengan mutu tinggi

- Bersedia ditempatkan di Bali dan perjalanan ke daerah dengan alokasi 40% dari waktunya



4. Koordinator Provinsi:

bertanggungjawab atas keseluruhan program ACCESS di tingkat propinsi; menjaga hubungan degan stakeholder; mendorong pembelajaran terus menerus; mengelola dana hibah dan menyelenggarakan kegiatan pengembangan kapasitas mitra ACCESS.



Posisi KorProp harus memiliki pengalaman sbb:

- Minimal S1 dengan ilmu yg relevan

- Minimal 7 tahun bekerja dengan OMS/LSM dan pemerintah daerah

- Pengelolaan siklus program dan menunjukkan pendekatan partisipatif dan ‘gender dan poverty inclusive’

- Memiliki kemampuan menganalisa dan membuat laporan yg bermutu tinggi

- Bersedia ditempatkan di Lombok (NTB), Sumba (NTT), Bantaeng (SulSel) dan

- Buton (Sultra).



5. Program Officer (PO):

membantu KorProp mencapai tujuan program dan bertanggungjawab atas pengelolaan program dan relasi antar stakeholder di tingkat kabupaten.



Posisi PO harus memiliki pengalaman sbb:

- Minimal S1 dengan ilmu yg relevan

- Mimimal 7 tahun untuk Korprop dan 5 tahun untuk PO dengan OMS/LSM dan

- pemerintah daerah

- Pengelolaan siklus program dan menunjukkan pendekatan partisipatif dan ‘gender

- dan poverty inclusive’

- Memiliki kemampuan menganalisa dan membuat laporan yg bermutu tinggi



6. Provincial Administrative Officer:

mendukung pekerjaan KorProp dan PO melalui pengelolaan admin dan keuangan kantor propinsi dan komunikasi dng stakeholders



Harus memiliki pengalaman sbb:

- Minimal 3 tahun mengelola administrasi dan keuangan kantor

- Mengelola hubungan yg efektif dgn LSM, Pemda dll

- Kemampuan pendokumentasian (foto dll)

- Bisa mengendarai sepeda motor/mobil dan memiliki SIM A/C



7. Finance and Grants Manager:

bertanggunjawab atas manajemen dan administrasi keuangan grants maupun operasional program dan supervisi untuk tim keuangan dengan kwalifikasi sbb:



- Berpendidikan minimal S1 Akuntansi

- Berpengalaman minimal 3 tahun diposisi yang sama

- Berpengalaman dalam mengelola grant, audit di tingkat LSM dan masyarakat dan pelatihan keuangan untuk LSM



8. Finance Officer Grants:

bertanggungjawab mengelola grant dana hibah, audit dan pelatihan keuangan untuk mitra LSM, dengan kwalifikasi sbb:



- Berpendidikan minimal S1 Akuntansi

- Berpengalaman minimal 3 tahun dengan posisi yg sama

- Berpengalaman dalam mengelola grant, auditing di tingkat LSM dan masyarakat dan pelatihan keuangan untuk LSM



9. Finance Officer Operasional:

bertangungjawab mengelola keuangan oprasional sehari-hari dan payroll staf, dengan kwalifikasi sbb:



- Berpendidikan minimal D3 akuntansi/keuangan

- Berpengalaman minimal 3 tahun diposisi yang sama

- Berpengalaman mengelola proyek dan budgeting



10. Office Manager:

bertanggungjawab sehari-hari pada semua administrasi program termasuk SDM, pengadaan barang dan liaison dengan stakeholder, dengan kwalifikasi sbb:



- Berpendidikan minimal S1 dari ilmu Manajmen

- Berpengalaman minimal 5 tahun diposisi yang sama

- Berpengalaman kerjasama dengan organisasi Internasional

- Mampu menterjemahkan Inggris-Indonesia.



11. MIS Manager:

bertanggungjawab dalam membangun dan mengelola sistem informasi program, termasuk database, website, informasi M&E, materi promosi dll.dengan kwalifikasi sbb:



- Berpendidikan minimal S1 dari ilmu yang relevan

- Berpengalaman minimal 5 tahun di posisi yang sama

- Berpengalaman dalam web design, graphic, MS Access, pengelolan IT



12. Secretary:

dengan kwalifikasi sbb:



- Berpendidikan minimal D3 dari ilmu yang relevan

- Berpengalaman minimal 3 tahun di posisi yang sama



13. Office Administrator:

dengan kwalifikasi sbb:



- Berpendidikan minimal D3 administrasi

- Berpengalaman minimal 3 tahun diposisi yang sama

- Bisa mengendarai sepeda motor/mobil dan memiliki SIM



Semua calon diharuskan memiliki kemampuan:

- Mengoperasikan komputer dengan MS Office

- Berbahasa Inggris untuk posis STO dan Koordinator Propinsi

- Biasa bekerja sama dengan tim



Pelamar perempuan dan berpengalaman kerja di wilayah focus area tersebut lebih

diutamakan.



Pelamar dapat mengirim lamaran dengan mencantumkan posisi yang dilamar, CV dan 2

referensi paling lambat 23 Mei 2008 ke access-ind@indo.net.id. Bagi yg tidak memenuhi

kriteria lamaran tidak dipertimbangkan. www.access-indo.or.id